Jumat, 13 November 2015

Pemuda & Sosialisasi (ISD)

A. Internalisasi Belajar & Spesialisasi
     
     1. Pengertian
           Pemuda adalah generasi dari suatu bangsa yang diharapkan untuk 
           meneruskan cita-cita bangsanya yang telah dilakukan oleh generasi 
           sebelumnya. Lalu pemuda ini akan tumbuh besar dan melanjutkan
           perjuangannya ke generasi pemuda selanjutnya secara estafet.
           Sedangkan sosialisasi adalah proses pembelajaran seseorang agar
           lebih mengetahui tentang dirinya dan hal-hal yang baru yang ada
           disekitarnya. Sosialisasi tersebut juga akan membentuk yang kita
           biasa sebut dengan jati diri karena hal ini akan membuat seseorang
           menunjukkan sosok aslinya di depan umum. 

     2. Internalisasi, Belajar & Sosialisasi

           Ketiga kata ini memeliki makna yang hampir sama. Prosesnya juga
           berlangsung sama yaitu melalui interaksi sosial. Kata internalisasi
           lebih ditujukan kepada pendalaman materi kepada norma-norma yang
           ada. Kata belajar ditekankan kepada perubahan pola pikir agar kita
           lebih mengetahui tata cara dan pola tingkah laku yang ada. Sedangkan
           Sosialisasi mengacu pada bagaimana cara kita berinteraksi dengan
           sesama.

    3. Proses Sosialisasi, Peranan Sosial Mahasiswa & 
       Pemuda Di Masyarakat

           a. Proses Sosialisasi
               Charles H. Cooley menyatakan bahwa peran interaksi antar manusia 
               akan menghasilkan konsep diri. Konsep tersebut dibagi menjadi 3
               tahapan, yaitu :
                - Seorang anak membayangkan bagaimana dia di mata orang lain
                - Seorang anak membayangkan bagaimana orang lain menilainya
                - Apa yang dirasakan anak akibat penilaian tersebut

           b. Peranan Sosial Mahasiswa & Pemuda Di Masyarakat

                Sebenarnya peran sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat
                hampir sama dengan peran warga lainnya pada masyarakat.
                Mahasiswa memeliki kedudukan sebagai kaum yang berpendidikan
                tinggi sehingga saat mereka lulus, mereka diharapkan memiliki
                kehidupan yang setara dengan warga lainnya.


B. Pemuda & Identitas

    1. Pola Dasar Pembinaan dan 
        Pengembangan Generasi Muda  
    
             Pola dasar pembinaan dan pembangunan generasi muda ditetapkan 
           oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Keputusan Menteri 
           Pendidkan dan Kebudayaan nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 oktober 1978.
           Tujuannya agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan
           dalam penanganannya benar-benar menggunakannya sebagai pedoman 
           sehingga pelaksanaanya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat 
           mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud. Pola dasar pembinaan dan
              pengembangan generasi muda disusun berlandaskan:
               - Landasan Idiil : Pancasila
               - Landasan Konstitusional : Undang-undang dasar 1945
               - Landasan Strategi : Garis-garis Besar Haluan Negara
               - Landasan Histories : Sumpah Pemuda dan Proklamasi
               - Landasan Normatif : Tata nilai ditengah masyarakat
             Arah pembinaan dan pengembangan generasi muda ditunjukan pada :
            - Orientasi ke atas kepada Tuhan Yang Masa Esa.
               - Orientasi dalam dirinya sendiri.
               - Orientasi ke luar hidup di lingkungan.

       2. 2 Pengertian Pokok Pengembangan & 
            Pembinaan Serta Masalah Generasi Muda

               a. Pengertian Pokok Pengembangan & Pembinaan Generasi Muda
                   - Sebagai Subjek Pembinaan, maksudnya mereka sudah memiliki 
                      kemampuan dan dibekali landasan untuk mandiri guna menyele-
                      saikan masalah yang dihadapi bangsa
                   - Sebagai Objek Pembinaan, maksudnya mereka masih memerlukan
                      pembinaan dan bimbingan agar tumbuh potensi dan kemampuannya
                      agar dapat fungsional dan bersikap mandiri.                
                 Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, terdapat generasi 
                 muda yang menyandang permasalahan sosial seperti kenakalan remaja, 
                 penyalahgunaan obat dan narkota, anak jalanan dan sebagainya baik yang 
                 disebabkan oleh faktor dari dalam dirinya (internal) maupun dari luar 
                 dirinya (eksternal). Oleh karena itu perlu adanya upaya, program dan
                 kegiatan yang secara terus menerus melibatkan peran serta semua pihak 
                 baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, masyarakat dan 
                 terutama generasi muda itu sendiri. Arah kebijakan pembinaan generasi 
                 muda dalam pembangunan nasional menggariskan bahwa pembinaan 
                 perlu dilakukan dengan mengembangkan suasana kepemudaan yang 
                 sehat dan tanggap terhadap pembangunan masa depan.

              b. Masalah Generasi Muda
                  - Menurunnya jiwa idealiesme, patriotisme & nasionalisme
                  - Kekurangpastian yang dihadapi pemuda akan masa depannya
                  - Belum seimbangnya generasi muda dan fasilitas yang ada
                  - Kurangnya lapangan dan kesempatan kerja
                  - Kurang gizi
                  - Perkawinan dibawah umur
                  - Pergaulan bebas & kenakalan remaja
                  - Belum adanya peraturan menyangkut generasi muda
                  - Sikap apatis
                  - Butuh akan figur teladan
                  - Kurangnya harga diri
                  - Perasaan tidak berdaya
                  - Pemujaan akan pengalaman
      3. Potensi Generasi Muda & Tujuan 
          Pokok Sosialisasi

               a. Potensi Generasi Muda
                   - Idealisme & daya kritis
                   - Dinamika & kreativitas
                   - Keberanian mengambil resiko
                   - Optimis & kegairahan semangat
                   - Patriotisme & nasionalisme
                   - kemampuan menguasai ilmu & teknologi
                   - Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
                   - Sifat kemandirian, disiplin & bertanggung jawab

               b. Tujuan Pokok Sosialisasi
                    - Individu harus diberi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan bagi 
                       kehidupan kelak di masyarakat
                    - Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif
                    - Pengendalian fungsi organik yang dipelajari dari latihan mawas diri 
                    - Bertingkah laku sesuai norma yang ada


C. Perguruan & Pendidikan
        1. Cara Mengembangkan Potensi Generasi Muda     
    
                    - Individu harus diberi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan
                    - Individu harus mampu berkomunikasi di tempat publik
                    - Latihan mawas diri  dan pengendalian sikap
                    - Bertingkah laku sesuai norma yang ada

        2. Pengertian Pendidikan &Perguruan Tinggi
                  Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan 
                  proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan 
                  potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, 
                  pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, 
                  serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
                  Macam-macam pendidikan:
                   - Pendidikan Umum
                     Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah 

                     yang diperlukan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke 
                     jenjang yang lebih tinggi. Bentuknya: Sekolah Dasar (SD), Sekolah 
                     Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).
                  -  Pendidikan Kejuruan
                     Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang

                     mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. 
                     Bentuk satuan pendidikannya adalah Sekolah Menengah 
                     Kejuruan (SMK).
                   - Pendidikan Akademik
                     Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana 

                     dan pascasarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin
                     ilmu pengetahuan tertentu.
                   - Pendidikan Profesi
                     Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program

                     sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu 
                     profesi atau menjadi seorang profesional.
                   - Pendidikan Vokasi
                     Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang 

                     mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan 
                     keahlian terapan tertentu maksimal dalam jenjang diploma 4
                     setara dengan program sarjana (strata 1).
                   - Pendidikan Keagamaan
                     Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, 

                     menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik 
                     untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan 
                     pengetahuan dan pengalaman terhadap ajaran agama dan /atau 
                     menjadi ahli ilmu agama.
                   - Pendidikan Khusus
                     Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan

                     untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang 
                     memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara 
                     inklusif (bergabung dengan sekolah biasa) atau berupa satuan 
                     pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah 
                     (dalam bentuk Sekolah Luar Biasa/SLB).
                   - Perguruan Tinggi
                     Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara 

                     pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, 
                     sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen.
                     Menurut jenisnya perguruan tinggi dibagi menjadi 2, yaitu:
                     - Perguruan tinggi negeri, adalah perguruan tinggi yang pengelolaan

                       dan regulasinya dilakukan oleh Negara.
                     - Perguruan tinggi swasta, adalah perguruan tinggi yang 

                       pengelolaan dan regulasinya dilakukan oleh swasta.

      3. Alasan Mengenyam Perguruan Tinggi

              a) Sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan 
                   terbaik, mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang 
                   masyarakat, karena adanya kesempatan untuk terlibat di dalam
                   pemikiran, pembicaraan serta penelitian tentang berbagai 
                   masalah yang ada dalam masyarakat.
               b) Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku 
                   sekolah, maka mahasiswa mendapat proses sosialisasi 
                   terpanjang secara berencana, dibanding dengan generasi muda 
                   lainnya.
               c) Mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis dan suku bangsa 

                   dapat menyatu dalam bentuk terjadinya akulturasi sosial dan budaya.
               d) Mahasiswa sebagai kelompok yang akan memasuki lapisan atas dari 

                   susunan kekuasaan, struktur perekonomian dan prestise di dalam 
                   masyarakat, dengan sendirinya merupakan elite di kalangan
                   generasi muda, umunya mempunyai latar belakang sosial, ekonomi, 
                   dan pendidikan lebih baik dari keseluruhan generasi muda lainnya. 
                   Mahasiswa pada umumnya mempunyai pandangan yang lebih luas 
                   dan jauh ke depan serta keterampilan beroganisasi yang lebih baik 
                   dibandingkan dengan generasi muda lainnya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar